fbpx

Cara Menampilkan Iklan di Website AMP

Cara Menampilkan Iklan di Website AMP

Sebelumnya, mari kita bahas dulu apa sih sebenarnya AMP, atau orang biasa menyebut dengan google AMP.

Untuk kamu yang selalu update dan mengikuti perkembangan dunia blog, SEO atau website, pasti tidak asing dengan istilah AMP ini.

Apa itu AMP?

AMP adalah singkatan dari Accelerated Mobile Page. Pertama kali diluncurkan di tahun 2016, AMP adalah sebuah program open-source yang dibuat oleh Google dan dibuat dengan tujuan untuk memberikan mobile internet yang lebih cepat dan lebih baik.

Kenapa harus menggunakan AMP

Saat ini, hampir sebagian besar pengakses internet adalah pengguna smartphone. Betul tidak?

Jadi, dengan menyajikan blog atau website yang support AMP, akan meningkatkan user experience dari visitor blog Kamu.

Karena, dengan fitur AMP website mu akan lebih cepat diakses dan kecepatan loading nya menjadi sangat signifikan.

Kenapa? karena AMP meminimalisir code dan script yang berjalan di dalam tampilan website Kamu, hal ini akan menjadikan website melakukan loading lebih cepat dibanding jika tidak menggunakan fitur AMP.

Yang pastinya akan berimbas kepada visitor yang tidak perlu menunggu lama untuk segera membaca isi konten dari website yang dia klik. Karena, menunggu itu menyakitkan… .

Tidak hanya itu saja, dengan website yang sudah support AMP, akan mempengaruhi peluang rangking website kamu di search engine google (mesin pencari) karena memiliki kecepatan akses lebih bagus dibanding website yang tidak menggunakan fitur AMP

Bagaimana cara kerja AMP

AMP dimuat lebih cepat karena memang didesain untuk kecepatan. Browser menjadi semakin mudah dalam menafsirkan HTML AMP, karena lebih sederhana dan secara khusus didesain untuk membantu developer menghindari masalah umum coding yang menyebabkan halaman lambat dimuat.

Bahkan lebih baik lagi, halaman AMP bisa ditayangkan langsung dari Google AMP Cache. Jika memungkinkan, Google akan memilih untuk menayangkan salinan yang disimpan di cache dari halaman landing, yang menawarkan pemuatan tercepat.

Jika tidak dapat menayangkan dari cache (karena ketidaksesuaian fitur atau alasan teknis lainnya), halaman landing AMP akan dimuat dari web server Anda.

Meskipun tidak secepat penayangan dari cache, ini masih jauh lebih cepat dibandingkan rata-rata halaman landing non-AMP.

Di Google Ads versi baru, Anda dapat menerapkan prinsip AMP dengan membuat iklan AMPHTML. Iklan ini memungkinkan Anda memberikan pengalaman iklan yang lebih cepat, lebih ringan, dan lebih aman di semua platform.

Kamu juga bisa menayangkan iklan AMPHTML di halaman AMP dan non-AMP. 

Keuntungan dan kerugian menggunakan AMP

Anda pasti tahu bahwa ada hubungan yang signifikan antara kecepatan website, page views, dan ranking search engine. Jadi, kalau website Anda loadingnya cepat kemungkinan besar orang akan lanjut melihat-lihat halaman lain pada website Anda.

Dengan begitu, Anda juga mengurangi bounce rate. Kalau bounce rate Anda rendah, Google akan menambahkan point ke halaman website Anda. Dengan begitu, Anda bisa mendapat ranking yang lebih tinggi di halaman hasil pencarian atau search engine result page (SERP).

Sebenarnya, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan AMP. Berikut ini adalah 5 keuntungan utama jika Anda memutuskan untuk menggunakan AMP:

Waktu Loading yang lebih cepat

Siapa yang tidak suka kalau website yang dikunjungi loading dengan cepat? Seperti yang sudah sering dibahas, kecepatan website adalah faktor yang signifikan dalam SEO. Konten yang bagus tentu penting tetapi kalau halaman website Anda susah diakses, orang-orang juga tidak akan mau membacanya. Menurut sebuah studi, delay selama 1 detik pada mobile browser bisa mengurangi conversion rate sebesar 3.50%, mengurangi pageviews sebesar 9.40%, dan meningkatkan bounce rate sampai dengan 8.30%. Inilah mengapa Anda perlu memastikan bahwa halaman browser mobile Anda loading dengan waktu cepat. AMP bisa membantu Anda untuk mencapai itu. Ingat bahwa di jaman sekarang, orang memiliki cara yang berbeda dalam mengkonsumsi konten. Sudah ada banyak konten baru yang dipublish setiap harinya. Kalau halaman mobile Anda memerlukan waktu lama untuk loading, maka kemungkinan besar Anda akan kehilangan target audience Anda dan kesempatan untuk mengubah mereka menjadi customer.

Meningkatkan ranking SEO. Meskipun AMP bukan sebuah faktor ranking, tetapi karena AMP meningkatkan waktu loading dan mobile friendliness, maka ranking SEO juga akan meningkat. Jadi website yang menggunakan AMP pasti akan mendapat poin lebih dari Google dibanding dengan website yang lambat dan tidak responsive.

Visibilitas yang lebih tinggi. Google menandai hasil pencarian yang memiliki AMP. Biasanya mereka juga muncul di bagian atas hasil pencarian. Dengan begitu, artikel dan website Anda akan mendapat visibilitas yang lebih tinggi. Selain itu, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, SERP Google juga menampilkan konten AMP dalam format carousel dan gambar yang cukup besar. Ini tentunya akan menarik perhatian user dan konten yang muncul di carousel itu akan mendapatkan traffic yang tinggi.

AMP mendukung Ads. AMP juga mendukung ads. Tujuannya adalah untuk menampilkan ads yang loading dengan cepat dan memiliki konten yang bagus serta menarik perhatian user. Ini tentunya akan membantu advertiser untuk meningkatkan influence mereka dan meningkatkan ROI.

Analytics untuk pengunjung AMP. Sekarang, semua pemilik website tentu ingin melacak perilaku pengunjung websitenya. Anda tidak perlu khawatir karena AMP juga mendukung ini. Anda bisa memilih satu dari dua tag yang disediakan. Tag ini bekerja untuk melacak data pengunjung website seperti jumlah pengunjung, conversion, tracking video dan link, dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara membuat website AMP

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *